Rabu, 07 Desember 2016

Cara membedakan kurma jantan dan betina

        Pohon kurma merupakan tanaman jenis dioecious, yaitu memiliki tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah. Jadi untuk proses pembuahan atau penyerbukan dibutuhkan bantuan manusia dengan cara mengawinkan/menempelkan bunga jantan di bunga betina pohon kurma. Hal tersebut agar buah kurma betina bisa berbuah sempurna. Adapun cara membedakan pohon kurma jantan dan betina antara lain.

1. Dilihat dari bagian daun pisau muda, pada jenis korma jantan memiliki daun dan duri lebih panjang dan banyak pada tiap tangkainya. Sedangkan yang betina agak pendek dan kurang durinya.

                   

2. Kurma jantan pangkal pelepahnya agak terang kekuningan, sedangkan yang betina agak abu-abu. 

3. Ciri selanjutnya dapat dilihat dari bunganya. Bunga betina seperti butiran tasbih. Sedangkan bunga jantak berkelopak.



4. Letak duduk anak daun. Letak duduk anak daun bunga betina bersilangan arah antara sisi kiri dan kanan. Sedangkan letak duduk anak daun di pelepah kurma jantan tetap berhadapan.



        Itulah beberapa cara membedakan antara pohon kurma betina dan jantan. Semoga bermanfaat bagi yang ingin menanam pohon kurma.

3 komentar:

  1. Terima kasih, Ana sedang mendalami pembibitannya, dari kota Perawang-Riau

    BalasHapus
  2. syukron akhii.. #Kurma in learning by @mr.Capten/celebes

    BalasHapus
  3. bolehkah anak pokok kurma di kahwin yg sudah mencapai usia 3-5 bulan?

    BalasHapus