Kamis, 17 November 2016

kenapa kurma?

        Pada awalnya tidak pernah terpikir untuk menanam pohon kurma. Semua berawal setelah menonton pengajian ust. zulkifli muhammad ali, lc. ma, tengtang 10 tanda-tanda akhir zaman dan amalan-amalan untuk menghadapi akhir zaman, yang mana videonya masih bisa disaksikan melalui youtube. Terlepas dari hal tersebut kurma memiliki banyak manfaat baik itu pohonnya maupun buahnya. Untuk kali ini kita akan membahas pohonnya saja.
         Rasulullah SAW bersabda ”Sesungguhnya diantara macam-macam pohon ada satu pohon yang tidak jatuh daunnya. Dan itu adalah perumpamaan bagi seorang muslim. Katakanlah padaku, pohon apakah itu?” Maka para sahabat beranggapan bahwa yang dimaksud adalah pohon yang berada di lembah-lembah. Abdullah (Ibnu ‘Umar radhiyallahu 'anhuma) berkata:”Aku berpikir dalam hati bahwa pohon itu adalah pohon kurma, tapi aku malu mengungkapkannya.” Kemudian para Shahabat radhiyallahu 'anhum berkata:”Wahai Rasulullah, pohon apakah itu?” Beliau shallallahu 'alaihi wasallam menjawab:”Ia adalah pohon kurma.” (HR. Bukhari).
        Manfaat pohon kurma antara lain :
- Dapat dijadikan tanaman hias dihalaman rumah karena bentuknya yang indah serta memiliki estetika yang tinggi
-Akarnya kokoh menghunjam ke dalam bumi dan menancap kuat di sana. Pohon kurma adalah pohon yang paling tahan terhadap angin dan kekeringan. Ia tidak seperti pohon-pohon yang lain yang akarnya muncul di permukaan tanah, maka ia tidak memiliki kekokohan dan kekuatan. Makanya kurma memiliki ketahanan terhadap cuaca ekstrim dan sering dijuluki pohon yang kakinya di air dan kepalanya di api.
-Batang pohonnya memiliki manfaat untuk bangunan rumah, atap dan yang lainnya, pelepahnya bisa dipakai untuk atap rumah sebagai pengganti rotan, dan sebagai pentutup celah-celah dan lubang, daun-daunnya bisa dibuat keranjang, perabotan rumah tangga yang lainnya, tikar dan lain-lain, dan sabutnya memiliki manfaat yang sudah tidak asing lagi bagi kita.
-Bunga jantan dari pohon kurma bisa untuk menambah vitalitas untuk pasutri serta menambah kesuburan.
-Buahnya tentu saja dapat dapat dikonsumsi dan memiliki banyak khasiat (nanti akan dibahas dipostingan lain).
           Itulah beberapa manfaat dari pohon kurma yang memiliki banyak keberkahan. Ibarat satu pohon kurma seperti layaknya seorang muslim. Maka manfaat-manfaat ini cocok dengan sebagian manusia dan juga cocok dengan sifat-sifat seorang muslim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar