Senin, 21 November 2016

Pohon kurma bisa berbuah di Indonesia!

                Pohon kurma (Phoenix Dactylifera) memang sejatinya merupakan tanaman yang berasal dari timur tengah. Namun tanaman ini bisa tumbuh bahkan berbuah jika ditanam di Indonesia. Berikut ini beberapa contoh pohon kurma yang telah berbuah di Indonesia.
Salah satu dari pohon kurma yang berbuah di halaman masjid Agung Al Barkah (Bekasi) Foto poskotanews.com
Pohon kurma berbuah di Masjid Agung Al Barkah, Kota Bekasi, Jawa Barat.
kurma berbuah di cibubur.

        Diatas hanya sebagian kecil contoh pohon kurma yang berbuah di Indonesia. Kebenaran pohon kurma bisa tumbuh di Indonesia dapat dikuatkan dengan bukti empiris yang dapat kita lihat di negeri tetangga maupun di negeri kita sendiri. Di Asia Tenggara perkebunan kurma telah menunjukkan geliatnya dimana negara tetangga kita seperti Thailand dan Malaysia yang memiliki kondisi alam dan iklim yang sama dengan Indonesia telah lama membudidayakan kurma secara besar-besaran.

Saat Indonesia masih berbantahan apakah pohon kurma bisa tumbuh atau tidak di Indonesia, negara tetangga kita seperti Thailand telah berkebun kurma ribuan hektar sejak 12 tahun yang lalu kemudian disusul oleh Malaysia 9 tahun yang lalu sehingga kini Thailand dan Malaysia sudah siap-siap menjadi salah satu pengekspor buah kurma dunia. Tetapi saat ini kita di Indonesia sedang mengejar ketertinggalan tersebut dengan dibukanya perkebunan kurma salah satunya seperti jonggol farm milik bpk. Muhaimin iqbal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar